Cek Kepuasan Hidup Anda

Apakah kehidupan yang Anda jalani saat ini mendekati gambaran ideal Anda?

Apakah Anda sudah mendapatkan hal-hal penting yang Anda inginkan dalam hidup?

Apakah Anda sudah merasa puas dengan hidup Anda?

Kepuasan hidup merujuk kepada proses kognitif dari seseorang mengenai dirinya sendiri dibandingkan dengan standar ideal yang dimilikinya (Diener, 1984). Beberapa aspek yang dianggap penting (domain satisfaction) dalam menentukan kepuasan hidup individu adalah aspek kesehatan, hubungan interpersonal, pekerjaan, pendapatan, spritualitas dan aktivitas di waktu luang. Hal ini bersifat subjektif sehingga setiap orang memiliki penilaian yang berbeda-beda. Terutama dari segi usia, karena tiap usia memiliki tugas perkembangan masing-masing yang perlu dipenuhi.

Individu yang memiliki kepuasan hidup yang tinggi cenderung adaptif dalam menghadapi situasi yang sulit dan kondisi yang penuh tekanan. Selain itu, dapat dipastikan bahwa individu mampu lebih eksploratif dalam menjalani aktivitas-aktivitas hidupnya. Dengan kita lebih memahami diri, terutama seberapa puas kita dengan kehidupan yang dijalani, maka kita dapat mengembangkan potensi dengan lebih optimal. Kepuasan hidup dapat diukur menggunakan skala.

Yuk, kita coba sama-sama!

Terdapat 5 pernyataan di bawah ini dan Anda diminta untuk memberikan angka untuk tiap pernyataan tersebut. Gunakan skala 1-7 untuk mengisi setiap nomor sesuai pilihan Anda. Angka 1 untuk Sangat Tidak Setuju dan angka 7 berarti Sangat Setuju. Berikan jawaban yang jujur dan terbuka karena tidak ada penilaian benar dan salah. Kemudian pada bagian akhir, silakan Anda hitung total skor dari jawaban Anda.

  • 7 – Sangat Setuju  
  • 6 – Setuju
  • 5 – Agak Setuju
  • 4 – Ragu-Ragu
  • 3 – Agak Kurang Setuju
  • 2 – Tidak Setuju
  • 1 – Sangat Tidak Setuju

PERNYATAAN

____ Secara umum, kehidupan saya sudah mendekati gambaran ideal saya.

____ Kondisi kehidupan saya sangat luar biasa (excellent). 

____ Saya puas dengan kehidupan saya.

____ Sejauh ini, saya sudah mendapatkan hal-hal penting yang saya inginkan dalam hidup.

____ Jika saya dapat mengulang kembali kehidupan saya, saya hampir tidak akan mengubah apa pun.

Silakan jumlahkan angka jawaban Anda

NORMA

  • 31 – 35             Sangat Puas
  • 26 – 30             Puas
  • 21 – 25             Sedikit Puas
  • 20                     Netral
  • 15 – 19             Sedikit Tidak Puas
  • 10 – 14             Tidak Puas
  •  5 –  9                Sangat Tidak Puas

Dari hasil yang Anda dapatkan, dapat dikategorikan mulai dari sangat tidak puas sampai kepada sangat puas. Ketika Anda memiliki kepuasan hidup yang tinggi, berarti penilaian diri Anda saat ini tidak berbeda jauh dengan kehidupan yang Anda anggap ideal. Begitupun sebaliknya, jika Anda berada pada kategori sangat tidak puas, maka persepsi mengenai kehidupan Anda saat ini sangat berbeda dengan kehidupan yang Anda anggap ideal. Ketika hal tersebut terjadi, tidak jarang akhirnya menimbulkan stress atau perasaan negatif terhadap diri sendiri. Individu yang merasa tidak puas dengan hidupnya juga dapat menilai negatif terhadap makna kehidupan itu sendiri.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan hidup. Bisa dengan memiliki hobi, menjalani gaya hidup yang sehat, meluangkan waktu untuk bersosialisasi, mencoba hal-hal baru, serta berpikiran positif tentang diri Anda sendiri. Hilangkan kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hargai apa yang Anda miliki saat ini. Jika Anda merasa kesulitan untuk menghilangkan perasaan negatif terhadap diri sendiri, konsultasi dengan psikolog bisa menjadi salah satu cara untuk dapat membantu Anda melalui hal tersebut. Kayross Psikologi Utama siap membantu Anda dengan memberikan konseling bersama psikolog.

(By: Annisya Sekar, M. Psi., Psikolog)

Sumber:

  • Diener, E., Emmons, R. A., Larsen, R. J., & Griffin, S. (1985). The Satisfaction with Life Scale. Journal of Personality Assessment, 49, 71-75.
  • Diener, E. (1984). Subjective well-being. Psychological Bulletin, 95, 542-575.