Tipe Pekerja yang Dibutuhkan di Tahun 2018

Memantau perkembangan ekonomi dunia, Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang mengalami perkembangan positif pada sektor ekonomi dan bisnisnya. Toby Fowlston (dalam Salary Survey 2018), direktur utama Salary Survey di Asia Tenggara, mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mengalami perkembangan kuat dalam sektor ekonominya. Bukti perkembangan tersebut dapat terlihat dengan menurunnya angka pengangguran di Indonesia sejak Februari 2018 (ekonomi.kompas.com, 14.05.2018).

Sejak tahun 2017, dikatakan bahwa banyak area bisnis yang menurun, namun dikatakan angka pengangguran justru berkurang. Hal ini tentunya disebabkan banyaknya lapangan kerja baru yang terbuka peluangnya di tahun 2018. Beberapa lapangan kerja yang sejak tahun 2018 banyak diminati tentunya pekerjaan yang memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti misalnya bisnis on-line dan bidang kerja multimedia yang menuntut kreativitas individu. Dalam finance.detik.com (18 Maret 2018) juga menyebutkan area bisnis yang akan banyak peluangnya di tahun 2018 ini, yaitu bisnis on-line (internet marketer), usaha waralaba (franchise), industri hiburan dan industri kreatif.

Jika kita melihat bidang pekerjaan populer di tahun 2018 yang disebutkan tadi, maka kita perlu melakukan evaluasi diri sebagai pekerja. Jika anda pemilik usaha, cobalah evaluasi tipe karyawan anda. Berdasarkan tipe pekerjaan yang berkembang di tahun 2018, maka pekerja yang dibutuhkan adalah individu dengan karakteristik :

creative worker

  • Kreatif
  • Tekun dan bekerja keras
  • Mampu menjalin relasi interpersonal
  • Mampu berpikir kritis
  • Mampu beradaptasi dengan cepat
  • Memiliki keinginan untuk terus belajar
  • Memiliki potensi kepemimpinan
  • Sikap yang positif

Individu dengan karakteristik tersebutlah yang akan bertahan dan membawa perkembangan positif bagi perusahaan. Hal ini juga berlaku bagi individu yang ingin memulai bisnis mandiri. Individu akan kesulitan mengikuti perkembangan teknologi dan ekonomi jika tidak mengembangkan karakteristik tersebut.

Apakah Anda memiliki karakteristik tersebut ? Apakah karyawan Anda memiliki karakteristik tersebut ? Jika ragu-ragu, anda bisa berkonsultasi atau melakukan evaluasi mengenai potensi diri Anda di Kayross Consulting.

(by: Luisa Munster, M. Psi., Psikolog)

Advertisements