Generasi Milenial, Generasi Kutu Loncat?

Dewasa ini, generasi milenial menjadi topik yang cukup hangat di kalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral dan budaya. Tapi sebenarnya, siapakah generasi milenial itu?  Milenial atau juga disebut dengan generasi Y, adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X dan lahir pada tahun 1980- 2000. William Strauss dan Neil Howe yang merupakan penulis, pada masa itu menggunakan istilah milenial dalam tulisannya secara luas. Selanjutnya mereka dianggap  sebagai pencetus penamaan Milenial ini. Saat ini milenial berarti adalah generasi muda yang berumur 17-37 tahun.

milenial 1

Banyak generasi sebelumnya  yang merasa kewalahan menghadapi serbuan dari generasi milenial ini. Milenial memiliki beberapa karakteristik diantaranya :

  • Rasa percaya diri yang tinggi
  • Optimis
  • Menyukai suasana kerja yang santai
  • Mampu mengerjakan beberapa hal secara bersamaan (multitasking)
  • Peduli terhadap gaya (style)
  • Cepat beradaptasi dengan teknologi.

Sayangnya, generasi ini juga gampang bosan dan loyalitasnya dalam urusan pekerjaan terbilang kurang. Oleh karena itu julukan kutu loncat di dunia karier sangat lekat dengan generasi milenial.

Apa yang  harus dilakukan oleh perusahaan menghadapi tenaga kerja generasi milenial ?

Tawarkan Upah yang Kompetitif
Anggapan Milenial merupakan kutu loncat tidak selalu benar. Pada survei CNBC hampir 90 persen responden milenial mengaku berniat untuk bertahan di satu perusahaan selama 10 tahun ke depan. Sebagai syarat, mereka harus mendapat kenaikan gaji dan punya banyak kesempatan naik jabatan. Sedangkan, sebanyak 77 persen responden mengatakan akan bertahan di satu perusahaan lebih dari enam tahun asalkan memperoleh kenaikan gaji dan manfaat yang menarik.

Fleksibilitas adalah Kunci
Salah satu daya tarik yang besar bagi generasi milenial adalah fleksibilitas, karena tampaknya mereka sangat alergi terhadap tipikal jadwal kerja 8-to-5. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Bentley University, 77% generasi milenial mengatakan bahwa mereka dapat lebih produktif di tempat kerja apabila diberikan jadwal kerja yang lebih fleksibel. Mereka percaya bahwa pekerjaan dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, berkat adanya dunia digital.

“Branding” perusahaan anda
Apabila anda ingin menarik karyawan dari generasi milenial, online brand Anda sangatlah penting. Jangan hanya fokus terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda, pertimbangkanlah untuk menambah informasi di situs anda atau promosi melalui halaman sosial media tentang berbagai aktivitas menyenangkan yang dilakukan perusahaan kepada karyawan, untuk menunjukkan kultur perusahaan Anda.

Jangan takut Mempekerjakan Generasi Milennial yang Belum Berpengalaman
Generasi millennial adalah generasi pertama yang tumbuh dengan Internet dan memiliki akses yang mudah terhadap informasi yang bisa didapat hanya dengan ujung jari saja. Jadi mereka akan sangat cepat untuk belajar secara mandiri.

Selain itu, tetap penting bagi perusahaan untuk menemukan orang yang tepat untuk posisi yang tepat. Dibutuhkan lebih dari sekedar wawancara untuk melihat kerakter dan kompetensi diri calon pegawai. Untuk itu Kayross Consulting siap menjadi partner bagi pelaksanaan rekrutmen karyawan di perusahaan anda !

(by: Annisya Sekar, S.Psi)

Advertisements