Liburan Tanpa Asisten Rumah Tangga

Wah.. senangnya sudah menjelang waktu untuk berlibur !

Namun, seringkali kita temukan bahwa ada keluarga yang membutuhkan bantuan asisten rumah tangga (ART) saat berlibur. Padahal mungkin ART kita juga membutuhkan liburan pada saat yang sama.

Bagaimana bila sesekali kita berlibur tanpa ART untuk membantu?

Perlu kita ketahui, tujuan berlibur adalah untuk menikmati waktu bersama-sama, khususnya dengan keluarga. Keluarga sendiri memiliki arti sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga (Duvall dan Logan, 1986). Melihat pengertian tersebut, jadi tujuan berlibur adalah untuk mendapatkan Quality Time bersama dengan keluarga.

Permasalahan dan alasan setiap keluarga untuk tetap menggunakan jasa ART selama berlibur tentu berbeda-beda. Mulai dari keluarga yang memiliki bayi sehingga akan repot jika tanpa bantuan ART, sampai memiliki beberapa anak yang sudah beranjak remaja. Akan lebih baik jika kita dapat mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk berlibur, tentunya dengan memperkirakan tingkat “kerepotan” yang akan dihadapi.

resizedimage260226-Planning-a-Vacation

Hal apa sih yang perlu kita ketahui dan kita persiapkan sebelum berlibur?

  1. Jadwal Acara

Sebelum ke tempat tujuan berlibur, tentukan terlebih dahulu arah tujuan dan lamanya perjalanan yang ditempuh. Perjalanan tersebut juga perlu menentukan kendaraan yang digunakan, baik menggunakan jalan darat, maupun jalan udara. Nah, untuk anak usia dibawah 1 tahun, bepergian menggunakan jalan udara perlu memerhatikan waktu yang ditempuh dalam perjalanan menuju tempat tujuan dan lamanya waktu yang digunakan untuk berlibur. Setelah itu, siapkan juga jadwal kegiatan selama liburan agar dapat menyesuaikan dengan usia anak-anak.

  1. Kebutuhan Bawaan

Bagi keluarga yang masih memiliki bayi maupun anak dibawah usia 6 tahun, perlu memerhatikan obat-obatan, vitamin, thermometer dan sebagainya. Selain itu, perlu juga memerhatikan kebutuhan sesuai dengan waktu dan tempat liburan, seperti membawa pakaian yang tidak mudah lecek, ringan, dan praktis. Tempat wisata yang dituju dan beban bawaan juga dapat berdampak bagi keselamatan keluarga dalam perjalanan, seperti beban di kabin pesawat, maupun besarnya koper saat masuk dalam mobil yang digunakan untuk berlibur. Siapkan cemilan sehat dan praktis untuk membantu anak tetap tenang selama perjalanan.

  1. Pembagian Tugas

Ini cukup penting, yaitu pembagian tugas dalam keluarga. Misalnya ketika ayah menyetir, ibu membantu menjaga anak. Ketika ibu sedang mandi, tugas ayah yang mengajak anak bermain dan sebagainya.

4. Alat bantu lainnya

Keluarga juga membutuhkan alat bantu lainnya saat tidak ada ART yang menolong, seperti misalnya menggunakan Car Seat atau merubah kursi belakang mobil Anda menjadi tempat tidur anak saat menggunakan perjalanan darat.

Manfaat yang didapatkan saat berlibur tanpa Asisten Rumah Tangga :

  1. Kualitas kebersamaan keluarga

Komunikasi antar keluarga akan terjalin dan setiap anggota keluarga belajar untuk mengenal lebih dalam, sehingga mencapai suatu kualitas kebersamaan yang lebih mendekatkan antar anggota keluarga.

  1. Kreativitas

Menciptakan kreativitas bersama dalam setiap kegiatan yang dilakukan bersama dengan keluarga. Misalnya mencari jalan bersama-sama dengan menggunakan alat transportasi tradisional, belajar menggunakan bahasa daerah tertentu di area tempat wisata yang dikunjungi untuk bertanya dan berkomunikasi dengan orang setempat, dsb.

  1. Kedewasaan Orangtua dan Anak

Mengenal kepribadian antar anggota juga dapat meningkatkan kedewasaan orangtua dalam mengatasi permasalahan anak. Begitupula dengan anak yang belajar mengenal dunianya dengan lebih dewasa karena berkomunikasi dengan terbuka kepada orangtuanya.

  1. Lebih Hemat

Tentu tanpa adanya ART dapat lebih hemat dalam hal pengeluaran biaya transportasi dan akomodasi. Budget yang digunakan bisa disimpan maupun dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

  1. Produktif

Kebersamaan dengan keluarga saat berlibur tanpa bantuan ART membuat setiap anggota keluarga memiliki tugasnya masing-masing, sehingga meningkatkan produktivitas yang memiliki dampak jangka panjang. Anak-anak dapat belajar melalui pengalaman yang ada bersama dengan orangtuanya, seperti misalnya belajar menjaga diri dan barang bawaan.

family-holiday-hacks

Yuk, mari kita atur liburan tahun ini dengan lebih rapi! Berbagi pengalaman dan menikmati kebersamaan dengan keluarga memiliki dampak yang besar bagi setiap anggota keluarga. Selamat Berlibur.

(By: Angeline Christy, M. Psi., Psikolog.)

Sumber: