Menjaga Loyalitas Karyawan

loyal

Maraknya fenomena kutu loncat tidak jarang merugikan dari sisi perusahaan. Baik segi biaya perekrutan maupun waktu yang dibutuhkan untuk mencari pengganti. Akan lebih efisien jika karyawan yang ada sebagai aset perusahaan dapat bertahan dan ‘dikelola’ dengan baik. Loyalitas karyawan merupakan suatu nilai yang tidak dapat diukur secara pasti. Gaji yang besar ataupun bonus lainnya ternyata tidak selalu bisa  mempertahankan loyalitas karyawan.

Ada beberapa cara yang lebih efektif untuk bisa membuat karyawan loyal dan mampu bekerja secara produktif, diantaranya adalah:

  • Berikan apresiasi terhadap hasil kerjanya

Apresiasi yang diminta tidak selalu berupa bonus ataupun insentif. Sebuah kata “selamat” atau “good job” sepertinya tidak akan menghabiskan dana perusahaan. Namun, ketika Anda mengatakan hal ini ke karyawan Anda, hal ini akan meningkatkan moral, menambah rasa percaya diri, serta membantunya untuk bekerja lebih bagus di kemudian hari. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengucapkan selamat atau pujian, agar karyawan bersemangat. Mereka akan merasa bahwa pekerjaannya dilihat dan usahanya tidak sia-sia.

  • Libatkan pendapat mereka sebagai pertimbangan pengambilan keputusan

Apprenticeships-1024x583

Anda sebaiknya senantiasa melibatkan karyawan dalam mengambil suatu keputusan. Hal ini mungkin sudah sangat jarang terjadi saat ini karena banyak petinggi perusahaan yang menganggap bahwa peran dari karyawan adalah sebagai eksekutor teknis semata. Padahal, karyawan senang bila  ide serta pendapat yang dimiliki berharga dan berguna bagi kelangsungan perusahaan. Ketika ide ataupun pendapat dari karyawan diterima dan disetujui untuk dilaksanakan, ini bisa membangun loyalitas yang tinggi pada karyawan tersebut.

  • Pengembangan karier yang jelas

Dengan efektifnya program pengembangan karir karyawan di perusahaan, maka loyalitas kerja karyawan semakin tinggi (Mulyadi, 2016). Salah satu alasan kenapa karyawan ingin keluar adalah karena mereka tidak diberikan promosi jabatan secara rutin. Setiap orang ingin dipromosikan jabatannya tepat waktu. Bila promosi ini tidak tepat waktu, karyawan akan merasa bahwa mereka tidak mendapatkan keuntungan yang jadi hak mereka.

Perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan promosi bagi karyawannya, di antaranya adalah melihat potensi sesungguhnya dari seorang karyawan. Jangan segan untuk meminta bantuan pihak ketiga sebagai ahli untuk melihat potensi karyawan agar dapat menjaga objektivitas penilaian.

Loyal-Employees-People

(by: Annisya Sekar, S.Psi)